Apakah anda baru saja mendapatkan pekerjaan baru?,jika begitu,, Selamat ya! Namun,perlu kalian ketahui juga kalau memulai sesuatu yang baru itu bukanlah hal yang mudah dan bisa kita remehkan. Seperti halnya juga hari pertama Anda di sekolah, tetapi dengan tanggung jawab yang lebih besar.
Tiga bulan yang pertama didalam pekerjaan merupakan waktu yang sangat terberat buat anda, tidak hanya juga bagi Anda tetapi juga untuk perusahaan Anda. Banyak orang yang berpikir mereka memilih pekerjaan yang salah. Ini karena pekerjaan yang mereka
pilih tidak sesuai dengan apa yang diimpikan sebelumnya.
Namun, jika anda telah melewati masa-masa ini, cepat atau lambat
Anda akan dapat melakukan pekerjaan Anda dengan lebih efektif lagi. Berikut ini ada tips yang
dikutip dari huffingtonpost.com supaya Anda lebih mudah beradaptasi dan sukses
di pekerjaan baru.
Beramah Tamah
Untuk memulai bekerja dengan rekan-rekan baru, tentu saja
Anda harus terlebih dulu mengenal mereka. Ini akan membuat Anda bekerja lebih
koorporatif dan suasana bekerja pun semakin nyaman. Selain rekan kerja satu
tim, sempatkanlah juga untuk berkenalan dengan rekan-rekan dari divisi lain,
sehingga ketika membutuhkan bantuan mereka, Anda tidak perlu lagi
memperkenalkan diri.
Ikatan dengan Tim
Anda telah menjadi teman dengan rekan kerja Anda. Namun,
jangan langsung terbawa perasaan ketika mereka tidak mengajak Anda makan siang
atau minum kopi bersama. Mungkin mereka sungkan karena belum tahu kebiasaan
Anda. Maka, jangan ragu untuk mengajak dulu. Meskipun tujuan Anda bekerja,
tetapi nongkrong bareng rekan kerja akan membuat ikatan pertemanan Anda semakin
baik dan suasana bekerja semakin kondusif.
Buat Suasana Kerja Sesuai Harapan
Memang adaptasi dengan suasana kerja yang sudah ada itu
perlu, tetapi janganlah merasa bersalah dengan apa yang telah Anda
"jual" saat wawancara kerja sebelumnya. Misalnya, Anda mendambakan
suasana kerja yang fleksibel, maka buatlah rekan kerja mengerti apa yang Anda
inginkan. Jadikan mereka terbawa dengan suasana yang Anda ciptakan.
Tunjukkan Performa yang Baik
Awal bekerja Anda mungkin akan merasa canggung saat harus
berkomunikasi dan berinteraksi dengan tim. Namun jangan rendahkan diri Anda,
karena bagaimana pun Anda telah berhasil "menjual" diri Anda sehingga
diterima oleh perusahaan. Maka buktikanlah diri Anda dengan menunjukkan
performa yang baik. Jika Anda mampu membuktikan diri, maka cepat atau lambat
tim akan memberikan respek kepada Anda.
Kumpulkan Prestasi
Catat semua prestasi yang Anda torehkan dalam pekerjaan
baru. Bahkan hingga email terima kasih dari klien juga merupakan prestasi. Ini
akan memudahkan Anda nantinya untuk mendapatkan promosi.
Berani Bicara
Anda mungkin merupakan pegawai baru, tetapi dalam rapat
janganlah hanya duduk dan diam. Berikan pertanyaan, belajar sebanyak mungkin
tentang perusahaan dan terlibatlah dalam percakapan. Anda perlu terlihat
sehingga menonjol. Hal ini akan memudahkan Anda pada hari-hari setelahnya.
Olahraga
Tidak hanya hubungan dengan rekan kerja dan performa saja
yang perlu Anda perbaiki, tetapi juga fisik. Olahraga akan membuat fisik Anda
semakin segar, lebih waspada, lebih bahagia, bahkan stres berkurang. Maka,
jangan lupakan olahraga saat ingin sukses di pekerjaan baru Anda! (Uno/Ibo)






0 komentar:
Post a Comment